Ternyata MUdah Cara Bayar KRL Pakai QRIS, begini Langkahnya

KRL atau Kereta Rel Listrik adalah salah satu moda transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat di Jabodetabek.

KRL menawarkan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan bagi para penumpangnya. Namun, ada satu hal yang sering menjadi kendala bagi para pengguna KRL, yaitu cara membayar tiketnya. Apakah Kalian pernah mengalami antrian panjang di loket atau mesin tiket?

Apakah kalian pernah kehabisan uang tunai atau saldo e-money? Apakah pernah bingung mencari tempat isi ulang e-money? Jika menjawab ya, maka Anda perlu mencoba cara bayar KRL pakai QRIS.

Daftar Isi

Apa Itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah standar pembayaran nasional yang menggunakan kode QR.

QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk memfasilitasi transaksi pembayaran digital yang mudah, cepat, aman, dan efisien. Dengan QRIS, Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan berbagai aplikasi dompet digital, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan lainnya.

Penggunanya hanya perlu memindai kode QR yang ada di merchant atau tempat pembayaran dengan menggunakan aplikasi dompet digital amu.

QRIS juga mendukung transaksi lintas platform, sehingga kalian bisa membayar dengan menggunakan aplikasi dompet digital yang berbeda dengan merchant.

Cara Bayar KRL Pakai OVO dan Kelebihannya

Bagaimana Cara Bayar KRL Pakai QRIS?

Cara Bayar KRL Pakai QRIS

Cara bayar KRL pakai QRIS sangat mudah dan praktis. Kalian tidak perlu antri di loket atau mesin tiket, tidak perlu membawa uang tunai atau kartu e-money, dan tidak perlu khawatir kehabisan saldo. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan alian memiliki aplikasi dompet digital yang mendukung QRIS, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan lainnya. Jika belum, silahkan bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store dan melakukan registrasi.
  2. Pastikan memiliki saldo yang cukup di aplikasi dompet digital kamu. Jika tidakk,  silahkan mengisi ulang saldo kamu dengan berbagai cara, seperti transfer bank, minimarket, ATM, atau agen.
  3. Datang ke stasiun KRL yang di tuju dan cari gerbang masuk yang bertanda QRIS. Biasanya, gerbang ini berwarna hijau dan terletak di samping gerbang e-money.
  4. Buka aplikasi dompet digital kalian dan pilih menu “Scan QR”. Arahkan kamera smartphone ke kode QR yang ada di gerbang masuk. Tunggu sampai kode QR terbaca dan muncul informasi harga tiket.
  5. Konfirmasi pembayaran dengan menekan tombol “Bayar” atau “OK”. Tunggu sampai muncul notifikasi pembayaran berhasil dan gerbang masuk terbuka. Masuk ke dalam stasiun dan naiklah KRL sesuai dengan tujuan kamu.
  6. Ketika sampai di stasiun tujuan, ulangi langkah keempat dan kelima di gerbang keluar. Pastikan Anda membayar dengan menggunakan aplikasi dompet digital yang sama dengan saat kalian masuk. Jika tidak, Anda akan dikenakan denda.

Cara bayar KRL pakai QRIS ini berlaku untuk tiket single trip atau perjalanan sekali jalan. Apabila ingin menggunakan tiket multi trip atau perjalanan bolak-balik, Kamu tetap harus menggunakan kartu e-money. Namun, kalian bisa mengisi ulang saldo kartu e-money dengan menggunakan QRIS di mesin top up yang ada di stasiun.

Cara Bayar KRL Pakai ShopeePay, Tanpa Ribet dan Hemat!

Apa Keuntungan Bayar KRL Pakai QRIS?

Berikutnya mungkin sobat jadwalkereta.net penasaran dengan keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika membayar KRL menggunakan QRIS. Rasanya, kita semua sepakat bahwa kepraktisan adalah kunci, bukan? Nah, coba simak beberapa hal menarik berikut ini!

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Saat membayar KRL dengan QRIS, kamu tak perlu lagi menghabiskan waktu berharga di antrian loket atau mesin tiket. Selain itu, urusan mencari tempat isi ulang e-money pun bisa kamu tinggalkan. Gimana, cukup menyenangkan, bukan?

2. Menghemat Uang dan Dapat Keuntungan Ekstra

Jangan lewatkan keuntungan finansialnya, ya! Bayar KRL dengan QRIS bisa membuat kamu menghemat uang karena terbebas dari biaya administrasi atau tambahan.

Bahkan, beberapa aplikasi dompet digital menawarkan cashback atau diskon yang langsung masuk ke kantong kamu. Benar-benar manis, bukan?

3. Keamanan dan Kenyamanan Lebih Terjamin

Dengan QRIS, kekhawatiran membawa uang tunai atau kartu e-money yang bisa hilang atau rusak bisa kamu tinggalkan jauh-jauh. Lebih aman, lebih nyaman, dan yang pasti, kamu bisa melacak setiap detil transaksi dengan mudah lewat aplikasi dompet digitalmu. Praktis, bukan?

4. Mendukung Gerakan Cashless Society

Bukan hanya soal diri sendiri, lho! Dengan membayar KRL pakai QRIS, kamu turut mendukung gerakan cashless society atau masyarakat tanpa uang tunai.

Gerakan ini tidak hanya efisien, tapi juga inklusif dan berdampak positif pada lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas dan plastik. Kamu ikut ambil bagian dalam menjaga bumi kita, teman-teman!

Cara Bayar KRL Pakai DANA, Mudah Kok

Penutup

Begitulah, teman-teman! Mebayar KRL dengan QRIS bukan hanya sekadar transaksi, tapi juga petualangan hemat dan menyenangkan. Hemat waktu, hemat uang, aman, nyaman, dan pastinya, peduli lingkungan. Jadi, ngapain lagi mikir panjang? Ayo, langsung coba cara bayar KRL pakai QRIS sekarang dan rasakan bedanya! Semoga cerita saya bermanfaat untuk kalian semua.